Penyajian Sate Ayam Blora
CULINARY

Cita Rasa Legenda : Sate Ayam Blora “Duta Rasa” Mas Soeprat

By on 05/07/2018
Patung Penjual Sate Ayam
Patung Penjual Sate Blora

Blora – tidak hanya dikenal karena memiliki ladang minyak terbesar ke-5 di Pulau Jawa, yang berada di kecamatan Cepu, namun juga dikenal dengan ragam budaya dan kuliner. Salah satu kuliner yang sangat ter-sohor adalah Sate Ayam khas Blora. Hal ini diperkuat dengan keberadaan sebuah patung penjual sate yang berdiri kokoh didepan Gerbang masuk Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Sebagai warga kota Blora yang taat Pancasila dan tunduk pada Undang-Undang, rasanya tidak afdol jika saya tidak banyak mencicipi dan sedikit mengulas tentang kelezatan cita rasa dari Sate Ayam khas Blora ini.  Senja itu saya menyengaja datang ke salah satu Restoran mini *sebut saja warung Sate Ayam “Duta Rasa” Mas Soeprat yang berada di Jl. Pemuda no. 21 Kedung Jenar Kabupaten Blora. Lokasinya tepat di seberang pusat perbelanjaan terbesar kota Blora yaitu Mall Luwes sehingga mudah sekali untuk ditemukan.

Begitu menginjakkan kaki di warung ini, saya langsung disambut oleh kepulan asap pembakaran sate yang menari-nari didepan mata dan sebuah angkringan lengkap beserta piranti sengaja diletakkan di baris depan warung sebagai ciri khas dari penjual Sate di kota Blora. Jadi sembari menunggu antrian, para pengunjung bisa menyaksikan secara live bagaimana prosespembakaran sate sebelum sampai di meja makan. Ditambah aroma sate yang tidak bisa dielakkan dijamin akan membuat perut semakin meronta-ronta.

Warung Sate Ayam Duta Rasa
Rahasia Kelezatan Sate Ayam Blora “Duta Rasa”

Salah satu rahasia kelezatan dari Sate Ayam Mas Soeprat ini adalah cara pemilihan dan pengolahan dagingnya. Untuk menciptakan rasa dan gigitan yang mantap maka daging yang digunakan adalah daging ayam pilihan yaitu daging ayam kampung. Mula-mula daging mentah yang telah dipotong dadu kecil-kecil di siram air panas dan ditiriskan. Setelah itu daging dibalut dengan bumbu rempah halus seperti ketumbar, kunyit, bawang dan mantra rahasia, baru kemudian ditusuk satu persatu.

Cara Pembakaran Sate Ayam

Keunikan yang sangat khas dan menonjol dari warung ini adalah cara pembakaran satenya. Sebelum sate diletakkan diatas bara api, terlebih dahulu sate-sate tersebut dilumuri dengan saus kacang yang berwarna coklat belgia, dibakar sebentar lalu dilumuri kembali hingga bumbu meresap kedalam daging dan dilakukan secara terus menerus hingga sate dirasa sudah cukup matang dan siap untuk disajikan. Jadi sudah kebayang kan gimana lezatnya Sate Ayam Blora ini. Emm, sampe netes nih air liur.

Cara pembakaran sate
Cara pembakaran sate
Pembakaran Sate Ayam
Pembakaran Sate Ayam
Cara Penyajian Sate Ayam

Cara penyajiannya pun tak kalah unik, sate nasi saus kacang dan sambal masing-masing disajikan dalam wadah terpisah. Dengan taburan bawang goreng diatas nasi, saus kacang yang lembut ditambah sedikit sentuhan kecap manis dan sepucuk sendok sambal rawit menambah kenikmatan dalam menyantap Sate Ayam Blora. Bumbu rempah yang meresap sempurna ke dalam setiap potongan dagingnya membuat semua orang jatuh cinta pada gigitan pertama. Eits, tapi jangan dibuang bekas tusuk satenya, karena itu yang akan menjadi acuan penjual untuk menghitung berapa jumlah yang harus dibayar oleh pembeli dan jangan pula coba-coba untuk curang karena pasti akan ketahuan.

Penyajian Sate Ayam Blora
penyajian sate ayam

Warung Duta Rasa sudah berdiri lebih dari 40 tahun dan hanya dikelola oleh Mas Soeprat bersama istrinya. Berkat pengalaman dan kelincahan tangan dalam mengolah, hingga menghasilkan cita rasa luar biasa mengantarkan Mas Soeprat pada juara I “Lomba Sate” dalam rangka hari jadi kota Blora yang ke 242 tahun 1991. Penghargaan tak henti-hentinya menghampiri dari Pemkot Blora. Tidak hanya satu atau dua kali, namun sudah puluhan kali. Bahkan pernah juga Mas Soeprat diundang secara pribadi untuk open training oleh beberapa stasiun Televisi swasta di Jakarta.

So, buat kalian para penggila sate, sepertinya kalian wajib mencantumkan menu satu ini di daftar rencana kuliner kalian. Saya tunggu review  kalian ya!

TAGS
6 Comments
  1. Balas

    Maria Widjaja

    05/07/2018

    Satu hal lagi yang bisa kuingat tentang Blora selain Pramoedya, Sate Ayam Duta Rasa!

  2. Balas

    Taumy

    05/07/2018

    Unik ya, terutama penyajiannya. Saus kacangnya dipisah. Harus dicoba ini kalau ke Blora

  3. Balas

    Taumy

    05/07/2018

    Unik ya, terutama penyajiannya. Saus kacangnya dipisah. Wajib dicoba ini kalau ke Blora

    • Balas

      Lelyna

      06/07/2018

      coba juga sirup kawisnya mas, dijamin ketagihan hahaha

  4. Balas

    Yunita Tresnawati

    06/07/2018

    Sebagai orang Jakarta yang tak hanya patuh pada Pancasila dan UUD 1945 namun juga menjalankan Dasa Dharma Pramuka, saya ini harus segera ke Blora untuk merasakan nikmatnya sate Duta Rasa yang sebelum dibakar saja sudah se-aduhai coklat Belgia. Tunggu aku di Blora-mu ya Kak

  5. Balas

    Rama Murtaba

    06/07/2018

    Hemmm, agak aneh sih cara penyajiannya karena jadi terlihat pucat satenya. Tapi sepertinya patut dicoba kalau mampir kesana.

LEAVE A COMMENT

L E L Y N A
Indonesia

Seorang blogger pemula, pecinta seni dan penikmat alam