Travel

“Curug Cigentis” Keindahan tersembunyi dibalik asap industri kota Karawang

By on 22/07/2018

Tidak ada yang pernah menyangka bahkan saya sendiri, jika kota Karawang yang dikenal dengan daerah yang gersang dan cuaca yang cukup panas karena minimnya Pepohonan yang tumbuh serta pengaruh polusi dari asap Industri, ternyata menyimpan sejuta keindahan panorama alam Air terjun atau sering disebut “Curug” yang belum banyak diketahui oleh orang-orang.  Salah satu curug yang pernah saya kunjungi sekaligus menjadi kebanggaan warga kota Karawang adalah Curug Cigentis yang berada di kaki gunung sanggabuana atau tepatnnya berada di desa mekarbuana, tegalwaru, Karawang Selatan.

Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1000 meter diatas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian sepanjang 25 meter. dengan lebar sekitar 3 meter. Terdapat sebuah kolam kecil dibawah air terjun yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam. Hamparan bukit hijau, semburan air dari atas gunung, irama kicauan burung, udara yang sejuk menyapu kulit dan air yang dingin nan jernih akan membuat para pengunjung takjub dan tentu saja ingin berlama-lama disana.

Pesona alam nan eksotis yang dimiliki oleh Curug Cigentis membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh traveler khususnya generasi pecinta fotografi. Keindahannya semakin lengkap dengan hadirnya bebatuan alam yang tersusun rapi mengelilingi kawasan curug, menambah suasana pedesaan dan nuansa natural semakin terasa. Saya sarankan jika ke tempat ini harap membawa kacatama anti radiasi super tebal, kalau tidak kalian tidak akan bisa pulang karena terhipnotis oleh kecantikan panorama curug cigentis.

Rute menuju lokasi Curug Cigentis

Berjarak 44 kilometer dari pusat kota Karawang, perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum Roda 4 ataupun Roda 2. Bagi anda yang berkendara dari arah Jakarta rute menuju lokasi Curug Cigentis adalah keluar dari tol Karawang Barat, belok kiri ke arah Badami, kemudian menyusuri jalan Badami – Loji sepanjang kurang lebih 40 kilometer sampai ketemu Pasar Loji. Dari pasar Loji belok kanan sampai melewati Kampung Turis terus naik sampai menemukan tempat parkiran atau penitipan kendaraan. Untuk sampai dilokasi curug hanya bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda 2 hingga di depan loket pintu masuk.

Meskipun kondisi jalan yang sudah cor beton dan beraspal saya sarankan agar tetap berhati-hati karena jalan menanjak cukup curam dan berkelak-kelok, anda pun akan seperti di goyang karawang saat melintasinya #goyang kiri eta goyang kanan geyol kiri eta geyol kanan goyang goyang goyaaaang, eh.

Harga Tiket Masuk Wisata

Curug Cigentis buka setiap hari dengan harga tiket sebesar Rp 20.000/orang sudah termasuk Premi Asuransi Rp 500,- . Tarif tiket berlaku pada hari biasa maupun hari libur. Sempat ditawar tapi gak bisa kurang. #malu

Fasilitas Curug Cigentis

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah sangat lengkap seperti kamar ganti, toilet dan mushola. Bermacam-macam resto berjejer di sepanjang jalan menuju curug yang dapat memuaskan para pengunjung setelah lelah bermain air di lokasi curug. Menu makanan yang disajikan sudah tentu makanan khas Sunda dengan cita rasa yang lezat dan unik. Jadi tak perlu khawatir jika tak sempat atau kelupaan membawa bekal makanan.

Jika ingin menginap maka bisa menyewa kamar di rumah penduduk setempat atau villa yang sudah tersedia. Lokasi villa berada di sisi belakang dan menawarkan pemandangan berupa danau yang sangat memukau. Pengunjung dapat secara bebas memilih villa joglo modern atau joglo nuansa kuno. Tarifnya bervariasi tergantung dari fasilitas yang ditawarkan oleh pihak masing-masing villa.

Hal yang wajib dilakukan saat berada di Curug Cigentis

Agar moment liburan saat berada di Curug Cigentis lebih terasa mengasyikkan, jangan lupa lakukan hal-hal berikut :

  1. Berenang dan berendam. Sayang banget kan kalau udah jauh-jauh ke wisata curug tapi gak main air.
  2. Abadikan moment dengan berselfie ria. Supaya makin banyak pilihan foto yang bisa kalian unggah di sosial mediamu.
  3. Jaga kebersihan. Tak mau kan tempat wisata secantik ini jadi rusak karena perilaku membuang sampah sembarangan?
  4. Kenakan alas kaki yang nyaman untuk tracking karena akses jalan yang terjal saat menuju curug.
  5. Tetap berhati-hati saat bermain karena kondisi bebatuan di area curug cukup licin karena berlumut.

 

Dibalik kepulan asap industri yang nyaris tak pernah berhenti selama 24 jam, ternyata karawang masih mempertahankan warisan dunia untuk menunjukkan bahwa masih adanya kawasan beriklim sejuk nan asri di kota Karawang. Buatlah pengalaman tak terlupakan kalian dengan mengunjungi Curug Cigentis. Jadi kapan ke Karawang??

 

 

 

 

 

 

TAGS
RELATED POSTS
41 Comments
  1. Balas

    cha

    23/07/2018

    ada juga ya curug di Kerawang, nah kalo ada fasilitas umum jadi gak perlu khawatir ya bisa bersih-bersih sekalian.

  2. Balas

    Galuh

    23/07/2018

    Ternyata ada juga curug di karawang ya, bagus lagi

  3. Balas

    Firdaus Soeroto

    23/07/2018

    Curug Cigentis ini bisa jadi destinasi selanjutnya nih kayaknya. Lengkap fasilitasnya ya.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Sambil menyelam minum air, sambil business trip sempatkan diri untuk berjelajah. Hahaha

  4. Balas

    Antin Aprianti

    23/07/2018

    Keren ya Curug Cigentis sekarang udah ada outbond sama waterpark mini, pas 2015 ke sana belum ada area outbond dan waterpark mini.
    Tapi curug cigentis memang bagus sih.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Iya kak, sepertinya karawang jg tidak mau tertinggal soal wisatanya.

  5. Balas

    tuty prihartiny

    23/07/2018

    Beberapa teman, merekomendasikan saya untuk mengunjungi Curug Cigentis, setelah tahu saya sering ke Karawang. Namun ada hal -hal yang mengganggu pikiran saya sehinga mengurungkan niat ke sana. Namun setelah membaca tulisan kakak, hal tersebut tidak terbukti. Curug Cigentis cukup akomodatif untuk dikunjungi. Cuzz lha, saya agendakan ke sana. Terimakasih kak untuk informasi semenarik ini,

  6. Balas

    Kartini

    23/07/2018

    wow, di karawang ada curug yaa!! aku pikir cuma sebuah kota industri hehe. tau gitu, pas aku lagi fieldwork audit aku mampir ke sana. kalo tahun depan belum resign, aku mau mampir2 ah kalo dapet fieldwork audit di karawang lagi. thanks ka infonya 🙂

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Iya nanti jangan lupa di audit jg curug cigentisnya ya. Haha

  7. Balas

    Maria Widjaja

    23/07/2018

    Aku baru tahu ada curug di sana dan bisa dijadikan destinasi wisata di akhir pekan. Thanks infonya, Kak.

  8. Balas

    Kurnia

    23/07/2018

    waah bagus banget curugnya dan sudah dikelola dengan baik sekali oleh penduduk setempat jadi untuk kaum wanita yang biasanya khawatir toilet atau musholanya ga perlu khawatir untuk berkunjung kesana

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Penduduk sekitar sangat menjaga keasrian curug cigentis ini dan fasilitas tdk perlu dragukan lg

  9. Balas

    Taumy

    24/07/2018

    Lumayan ini, alternatif curug selain harus ke Bogor. Terimakasih info curug cigentis nya. Jadi referensi baru.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Jadi tidak melulu bogor ya. Yuk mampir ke curug cigentis

  10. Balas

    Lisa Fransisca

    24/07/2018

    Ternyata ada curug sebagus ini ya di Karawang. Terima kasih Kak infonya lengkap sekali, bisa jadi pilihan tempat wisata saat weekend nih.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Bisa jd pilihan utk menghilangkan penat di akhir bulan hahaha

  11. Balas

    airin

    24/07/2018

    wuih.. suegerrr banget, kalau lama tinggal disitu bisa awet muda.. ahahah

    • Balas

      Lelyna

      25/07/2018

      Apalagi kalau berlama-lama dibawah air terjunnya, bisa awet juga dinginnya. Haha

  12. Balas

    Dayu Anggoro

    24/07/2018

    Informasi yang bagus nih, baru tau dari artikel ini kalau di Karawang ada Curug. Apalagi fasilitasnya lengkap dari restoran sampai penginapan ada.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Gak perlu pusing2 klo ke curug cigentis, mau tdr, makan, mandi semua fasilitasnya sudah tersedia

  13. Balas

    Desi Purnamasari

    24/07/2018

    Seru juga yaa main di Karawang
    Aku pikir curug hanya banyak didaerah pegunungan saja, ternyata karawang juga ada

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Di karawang bagian selatan rata2 daerah pegunungan, jd banyak curug jg dsana

  14. Balas

    Rama Murtaba

    24/07/2018

    Demi apa ini di karawang?? Baru tau kalau ada tempat kece selain waduk di karawang. Makasih lho infonya.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Demi……..kian saya sampaikan. Nyata lho ada curug yg cantik dikarawang

  15. Balas

    Achmadi

    24/07/2018

    wah baru tau ada curug kece di karawang, kapan-kapan nyobain ngayab kesana ah

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Pemandangan curug yg kece jd hasil pengambilan fotonya pun jg kece

  16. Balas

    Inez

    25/07/2018

    wah baru tau ada curug cigentis. Murah jg tiketnya, Thanks sharingnya kak

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Murah dan pas dikantong, haha

  17. Balas

    Putri Reno

    25/07/2018

    Curug Cigentis. Baru denger tapi seger banget liat air. Jadi pengeb nyebur

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Aku baru tau jg kok kak kalo gk pas dinas disana

  18. Balas

    Yunita Tresnawati

    25/07/2018

    Aku belum pernah ke Karawang, cuma makan di restoran apa gitu, ga jauh dari keluar tol Karawang Barat. Harus coba ke sana nih, curugnya bagus juga.

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Lokasi curug cigentis tdk jauh dari arah keluar tol karawang, aksesnya mudah namun minim petunjuk arah aja jd harus tanya2 warga

  19. Balas

    INA

    25/07/2018

    baru tau ada curug di karawang, lengkap juga fasilitasnya mungkin next trip bakal kesini

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Keindahan alam yg tersembunyi jd belum dikenal oleh masyarakat luas

  20. Balas

    lenifey

    25/07/2018

    eh ternyata ada curug di karawang. bagus juga pemandangannya. boleh banget nih kapan2 kesana. buat one day trip

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Bisa jd pilihan one day trip yg murah meriah

  21. Balas

    Hayati

    26/07/2018

    Selain bisa menikmati pemandangan curug, fasilitasnya juga banyak ya. Betah deh nih

  22. Balas

    Evi

    26/07/2018

    Untuk transport menuju kesana ada akses publik transpotasi nggak ya..?

    • Balas

      Lelyna

      26/07/2018

      Ada kak, naik saja angkutan umum (bus elf) menuju arah loji. Sampai di Loji dilanjutkn dengan ojek sepeda motor menuju lokasi curug.

  23. Balas

    febi

    27/07/2018

    thanks infonya 🙂
    jadi punya tempat rekomen cantik lainnya.

  24. Balas

    ristiyanto

    02/08/2018

    Enak juga kalau ada penginapannya, jarang-jarang lho Curug ada fasilitas penginapan.

LEAVE A COMMENT

LYNNA LEE
INDONESIA

Seorang Blogger pemula, pecinta seni wayang kulit, penikmat alam dan secangkir teh hangat dipagi hari

MY TWO CENTS

“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters wi“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”th new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”

ADVERTISING