L E L Y N A
Indonesia

Seorang blogger pemula, pecinta seni dan penikmat alam

MY TWO CENTS

“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters wi“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”th new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”“The very basic core of a man’s living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun”

Instagram

Follow Me!

Pantai Banyu Tibo
Beach EXPLORE

Perpaduan Dua Keindahan Air Terjun & Laut, Pantai Banyu Tibo Pacitan

By on 30/09/2018

Tidak ada yang menyangkal jika Pacitan adalah Raja nya Pantai di Jawa Timur. Dari kesekian pantai yang telah saya kunjungi selama di Pacitan bersama tim Backpacker Jakarta, cuma Pantai Banyu Tibo lah yang paling unik karena pada bibir pantai terdapat air terjun yang langsung bermuara ke laut.

Air terjun ini terbentuk dari sebuah anak sungai yang berada diatas bibir pantai yang berasal dari sumber mata air dari pegunungan karst. Keistimewaan lain dari air terjun ini adalah dia tak akan pernah mengering meskipun saat musim kemarau. Keren kan.

Air terjun Banyu Tibo

Nama “Banyu Tibo” sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang artinya Banyu itu “Air ” dan Tibo adalah “Jatuh”. Air terjun ini pun seakan sudah menjadi identitas dan ikon bagi Pantai Banyu Tibo itu sendiri. Memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai pada umumnya justru menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung.

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang berjarak kurang lebih 45 km dari pusat kota Pacitan. Dibutuhkan waktu kira-kira 2 jam untuk sampai di Pantai Banyu Tibo dan sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau sewa karena langka nya kendaraan umum yang berlalu-lalang.

Akses menuju Pantai Banyu Tibo sebenarnya tidak terlalu sulit meskipun tempatnya agak tersembunyi, hanya saja kondisi jalannya yang sempit dan berkelak-kelok dikhawatirkan akan kesulitan jika ada kendaraan lain dari arah berlawanan.

Fasilitas Pantai Banyu Tibo

Meskipun agak terpencil dan tergolong sepi namun untuk soal konsumsi, toilet, tempat parkir dan penginapan tidak perlu khawatir. Pengelola setempat sudah menyediakan fasilitas yang memadai. Rasanya cukuplah untuk seorang backpacker seperti saya. hehe

Keindahan Pantai Banyu Tibo

Ingin menikmati langsung air terjun? tentu saja bisa. Ada sebuah tangga kayu yang sengaja disediakan untuk para pengunjung agar bisa turun bermain di pantai. Tak hanya bisa menikmati kesegaran air tawar yang berpadu dengan air laut yang biru dan asin, kalian pun akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang terbentang, bebatuan karang yang kokoh dan deretan tebing yang menjulang tinggi.

air terjun banyu tibo

Namun harus tetap waspada, dikarenakan ombak nya cukup ganas jadi segera berlari ke pinggir pantai jika air laut pasang atau kalian akan terhempas dan terseret oleh arus.

Bosan bermain air terjun? Ingin mencari spot keren untuk selfie?

Kalian juga bisa berjalan menuju balik tebing, disana kalian akan disuguhkan pemandangan yang memukau nan eksotis. Kalian bisa bersantai sambil bersender dibahu pacar eh maksudnya batu karang, berenang di tepi pantai, membangun istana pasir, mengumpulkan aksesoris-aksesoris laut ataupun berendam di kolam.

Emang ada ya kolam di pantai? Ada, kalau gak percaya cek sendiri kesana. hihihi

pantai banyu tibo

Namun hati-hati saat menyusuri tebing karena licin dan berlumut, ini sedikit memacu adrenalin juga sih. Jangan beranjak dari Pantai ini sebelum kalian berhasil berfoto bersama senja.

Pantai Banyu Tibo sangat cocok untuk melepas penat, menenangkan diri dan memanjakan mata.

 

 

TAGS
RELATED POSTS
23 Comments
  1. Balas

    Maria Widjaja

    01/10/2018

    Fotonya bagus-bagus, Kak. Bikin ngiler untuk berkunjung ke Banyu Tibo.

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      yuk ke banyu tibo biar

  2. Balas

    Airin

    02/10/2018

    Bagus banget fotonya… recomend banget buat dijadiin destinasi wisata

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      lumayan jg kak bisa buat ilangin penat

  3. Balas

    Inez

    02/10/2018

    wah baru tau di pacitan ada pantai dan air terjun sekaligus, keren kak!

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      iya kak bisa ngerasain air tawar bercampur air asin

  4. Balas

    Dayu Anggoro

    02/10/2018

    Selain kulinernya yang bikin penasaran, daerah pacitan juga banyak pantai yang bagus yah buat dikunjungi.

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      kalo kulinernya aku belum tau, karena kemarin makan seadanya disana hehe #anakbackpack

  5. Balas

    Tuty prihartiny

    02/10/2018

    Cantik ya kak Pantai Bantu Tibo, apalagi dengan air terjun yang langsung berhadapan dengan laut…
    Masyaallah..

  6. Balas

    Febi

    02/10/2018

    Cantiknya indonesia 🙂

    Nice posting, mba

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      itulah pesona indonesia

  7. Balas

    Antin Aprianti

    03/10/2018

    Waah menarik banget nih Banyu Tibo ada air terjun dan pantai juga. Fotonya keren-keren kak, bikin mipeng pengen main ke sana.

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      iya nih aku jg mupeng pengen kesana lagi

  8. Balas

    Yunita Tresnawati

    03/10/2018

    Cantiik banget pantai Banyu Tibo, next time ikut ahh trip Pacitan

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      kalo kak yun ikut, aku ikut jg ahh

  9. Balas

    Galuh

    03/10/2018

    Wow, tempatnya bagus tapi kok kayanya sepi ya?

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      iya emang masih sepi karena lokasinya agak kedalem dalem gitu, tp enaknya jg kalo sepi bisa maen dipantai sepuasnya

  10. Balas

    INA

    03/10/2018

    Komplit yaa gausah galau2 milih mau kemana, disini udh lengkap pantai ada air terjun ada

    • Balas

      Lelyna

      03/10/2018

      paket komplit, murah lagi sharecostnya

  11. Balas

    Evi

    03/10/2018

    Susah nggak sih Ka Lina nyari posisi pantainya.. Apakah tanda / marka jalan menuju pantai ini sudah banyak dari jalan utama..??

  12. Balas

    Rama Murtaba

    04/10/2018

    Disini kita ketemu ya hahaha
    Trip BPJ yang pertama dan terakhir saya ikutin rasanya. Seru banget sih tripnya.

  13. Balas

    lenifey

    04/10/2018

    Keren banget itu air terjun madep laut.. eh ada kolam nya juga? Wah bikin penasaran. Foto2nya keren kak

  14. Balas

    titi

    05/10/2018

    keren amat yaa, saat eksostisme air terjun bertemu dengan ketenangan air laut. Ahh mbaknya bikin aku obsesi pengen ke sana deh

LEAVE A COMMENT

Lewat ke baris perkakas